Pelayanan Publik

alur pelayanan pasien

KELEMBAGAAN PUSKESMAS:

  1. Secara kelembagaan , Kedudukan Puskesmas  pada Sistim Kesehatan Nasional adalah sebagai sarana [pelayanan kesehatan strata pertama yang menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
  2. Secara Kelembagaan, Kedudukan  Puskesmas pada Sistim Kesehatan Kab/ Kota adalah  Sebagai Unit Pelaksana Tehnis  Dinas Kesehatan  Kabupaten/ Kota yang bertanggung jawab menyelengggarakan sebagian tugas pembangunan kesehatan Kab/Kota di wilayah Kerjanya .
  3. Antar sarana Pelayanan Kesehatan Strata pertama ;
  • Kedudukan Puskesmas diantara berbagai pelayanan kesehatan strata pertama yang dikelola oleh lembaga masyarakat dan swasta seperti praktek dokter. Praktek dokter gigi, praktek bidan , poliklinik dan balai kesehatan masyarakat adlah sebagai mitra.
  • Kedudukan Puskesmas diantaran berbagai sarana pelayanan kesehatan berbasis dan bersumberdaya masyarakat adalah sebagai Pembina

TUJUAN ;

Pembangfunan kesehatan yang diselenggarakan  oleh Puskesmas adalah mendukung tercapainya tujuan  pembangunan kesehatan Nasional meningkatkan kesadaran ,  kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas agar terwujud derajat Kesehatan yang sewtinggi tinggi nya  dalam mewujudkan MDGs 2015

FUNGSI PUSKESMAS

  1. Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan
  2. Pusat pemberdayaan masyarakat
  3. Pusaat pelayanan kesehatan Primer
  4. Pusat pelayanan kesehatan perorangan primer .