Gambaran umum Puskesmas Pesantren 1

II. 1 DATA PUSKESMAS
Puskesmas Pesantren 1 ini merupakan salah satu Puskesmas yang ada di Kota Kediri yang letaknya berada di Kelurahan Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Sistem pelayanan kesehatan di Puskesmas Pesantren 1 sejak pertama berdiri hingga sekarang tidak ada perbedaan. Hanya saja pelayanan kesehatan saat ini di Puskesmas Pesantren 1 lebih maju dan berkembang dari pelayanan kesehatan yang ada sebelumnya seperti pada laboratorium, sarana penunjang diagnostiknya lebih lengkap, dan adanya penambahan Ponkesdes. Sebagai Puskesmas induk, Puskesmas Pesantren 1 membawahi 3 Puskesmas pembantu dan 3 Ponkeskel, yang terdiri dari :
1. Pustu Banaran
2. Pustu Betet
3. Pustu Blabak
4. Ponkeskel Pesantren
5. Ponkeskel Bangsal
6. Ponkeskel Blabak
Sedikit perbedaan terhadap sistem pelayanan kesehatan yang diterapkan di Puskesmas Pesantren 1 sekarang ini dengan tahun sebelumnya. Masyarakat sehat menjadi target utama dalam pelayanan kesehatan.
II. 2 DATA GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS
Puskesmas Pesantren 1 merupakan salah satu lembaga pemerinatahan dari Dinas Kesehatan yang berlokasi di daerah kecamatan Pesantren Kota Kediri, yang beralamatkan di Jl. Brigjen Pol. Imam Bakri HP No.94 Kota Kediri Telp. (0354) 690355. Letak puskesmas yang strategis sehingga memungkinkan dicapai dengan kendaraan umum. Luas wilayah kerja Puskesmas Pesantren I Kota Kediri adalah 8.404 km2 meliputi 5 kelurahan, yaitu Kelurahan Pesantren, Kelurahan Bangsal, Kelurahan Banaran, Kelurahan Blabak, dan Kelurahan Betet.
II. 2. 1 KEADAAN GEOGRAFIS
1. Letak Geografi
Wilayah kerja Puskesmas Pesantren 1 terletak di Kecamatan Pesantren, merupakan Puskesmas Jalan Raya di Kota Kediri.
2. Batas Wilayah
Sebelah Utara : Kecamatan Gurah dan Kelurahan Burengan
Sebelah Selatan : Kecamatan Kandat
Sebelah Timur : Kelurahan Ketami dan Kelurahan Ngeletih
Sebelah Barat : Kelurahan Pakunden, Tosaren, dan Ngronggo
3. Wilayah Binaan
Wilayah Desa Binaan Puskesmas Pesantren 1 terdiri dari Kelurahan :
a) Kelurahan Pesantren
b) Kelurahan Bangsal
c) Kelurahan Banaran
d) Kelurahan Betet
e) Kelurahan Blabak
II. 2. 2 KEADAAN DEMOGRAFIS
1. Data Jumlah Penduduk Tiap Kelurahan
a) Kelurahan Pesantren : 5.343 jiwa
b) Kelurahan Bangsal : 5.771 jiwa
c) Kelurahan Banaran : 4.628 jiwa
d) Kelurahan Betet : 5.225 jiwa
e) Kelurahan Blabak : 5.481 jiwa
Jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Pesantren I Kota Kediri adalah 26.448 jiwa. Kelompok sasaran program meliputi Bayi 354 jiwa, Balita 1.429 jiwa, Bumil 658 jiwa, Bulin 666 jiwa, Pasangan Usia Subur ( PUS ) 7.739 jiwa, dan Lansia 6.569 jiwa. (Data Desember 2012 )

You may also like...

2 Responses

  1. I can easily see you took the time and energy to write quality content. It’s very informative.

  2. I wish I knew about this web site sooner. It could have saved me a lot of time and grief. There’s a chock saturated in information here. Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>