HASIL SURVEY INDEK KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)
Hallo Konco Sehat Kowilut???? Berikut kami informasikan mengenai Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Tahun 2024, Diharapkan melalui survei ini UPT Puskesmas…
Nama Puskesmas : Puskesmas Kota Wilayah Utara
Alamat : Jl.Sam Ratulangi No.12 Kel.Setono Pande Kec.Kota Kota Kediri
Telp : (0354) 683227
Email : puskesmas.kotautara@gmail.com
Tipe Puskesmas : Rawat Jalan
Sejarah Singkat
Sebelum tahun 1980 Kecamatan Kota dikelola oleh 1 Puskesmas yaitu Puskesmas Kota wilayah Selatan dengan 2 Puskesmas Pembantu : ( Banjaran dan Manisrenggo ) dengan jumlah penduduk sekitar 80.000 jiwa. Tahun 1980 dibangun Gedung Baru Proyek Inpres guna mengurangi beban kerja Puskesmas Kota Wilayah Selatan, didirikan diatas tanah lapang PEMDA Sumbangan PD. Nabatiasa.
Sejak tahun 1981 dengan jumlah penduduk Kecamatan sebesar 90 ribu jiwa dibangun (Puskesmas Kota Wilayah Utara yang berlokasi di Kelurahan Setonopande ) di Jl. Ratulangi gang II menghadap ke Selatan.
Puskesmas Kota Wilayah Utara merupakan type Puskesmas perkotaan dengan luas kerja wilayah 2,518 Km2 ( 48 % dari penduduk Kecamatan ).
UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan kota Kediri, terakhir ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Kediri Nomor : 188.45/59/419.16/2018 tentang Persetujuan Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Pada Pusat Kesehatan Masyarakat.
VISI
Visi Puskesmas Kota Wilayah Utara :
“ Terwujudnya pelayanan kesehatan yang berkualitas dan profesional”
MISI
Misi Puskesmas Kota Wilayah Utara :
1. Memberikan pelayanan secara tepat, cepat dan akurat
2. Melayani sesuai dengan kompetensi masing-masing
3. Meningkatkan peran serta masyarakat yang kompeten dan peduli terhadap kesehatan.
“ Kepuasan dan Kesembuhan Anda adalah harapan kami ”
Tata Nilai |
| Indikator Kinerja |
Berorientasi Pelayanan | 1.1 | Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kota Wilayah Utara |
| 1.2 | Malayani masyarakat sesuai tupoksi |
| 1.3 | Menyelesaikan keluhan masyarakat dengan pendekatan |
| 1.4 | Menuntaskan semua pekerjaan |
| 1.5 | Mengucapkan salam dan sapa saat melayani |
| 1.6 | Menyediakan informasi yang aktual dan akurat |
| 1.7 | Melayani dengan standard yang sama kepada semua pihak, dan jenis kelamin |
| 1.8 | Membuat alur pelayanan yang memudahkan pelanggan |
| 1.9 | Menindaklanjuti setiap kritik dan saran |
| 1.10 | Melakukan benchmarking untuk mendapatkan wawasan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan |
Akuntabel | 2.1 | Memenuhi janji dan komitmen |
| 2.2 | Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP |
| 2.3 | bertanggung jawab atas hasil kerja dan bersedia dievaluasi |
| 2.4 | Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme |
| 2.5 | Memanfaatkan fasilitas BMN sesuai dengan peruntukannya |
| 2.6 | Mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi atau golongan |
Kompeten | 3.1 | Meningkatkan kompetensi secara terus menerus |
| 3.2 | Bertukar pikiran dan berdiskusi dengan rekan kerja, bawahan dan atasan |
| 3.3 | Menyusun rencana kerja dengan spesifik |
| 3.4 | Melaksanakan rencana kerja sesuai target yang ditetapkan |
| 3.5 | Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas |
Harmonis | 4.1 | menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan serta stakeholder |
| 4.2 | saling membantu sesama rekan kerja dalam melakukan pelayanan kepada pasien |
| 4.3 | berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan bawahan dengan sopan |
Loyal | 5.1 | melaksanakan keputusan pimpinan Puskesmas yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku |
| 5.2 | Tidak membagikan informasi rahasia Puskesmas kepada pihak luar Puskesmas yang tidak memiliki kewenangan |
| 5.3 | bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra Puskesmas |
Adaptif | 6.1 | Menyampaikan ide dan gagasan saat Mini Lokakarya bulanan |
| 6.2 | membuat Inovasi Puskesmas yang mendukung tujuan Puskesmas |
| 6.3 | menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi |
Kolaboratif | 7.1 | Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan pekerjaan |
| 7.2 | membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan tim kerja saat memberikan pelayanan kepada masyarakat |
| 7.3 | Membagi tugas, tanggung jawab, hak, dan kewajiban kepada setiap anggota tim kerja secara proposional sesuai dengan SK Kepala Puskesmas |
| 7.4 | Bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam kegiatan lintas sektor |
“ MARS KOWILUT JAYA ”
Kami Karyawan Puskesmas Kota Utara
Siap Untuk Bekerja ........
Munjunjung Tugas Mengabdi Negara
Untuk Kepentingan Bersama .......
Itulah Tugas Luhur Karyawan Kita
Mengabdikan Dirinya
Tak Kenal Lelah Dan Putus Asa
Melayani Pelanggan Semuanya
Kami Karyawan Puskesmas Kota Utara
Siap Untuk Berbakti ........
Menjunjung Tugas Mengabdikan Diri
Melayani Sepenuh Hati .......
Itulah Tugas Luhur Karyawan Kita
Mengabdikan Dirinya
Tak Kenal Lelah Dan Putus Asa
Untuk Masyarakat Semuanya ( 2X )
KEJAR OTT
KEJAR OTT (Kenali Jaring Obati TBC Terpadu) merupakan upaya sosialisasi, peningkatan skrining keliling dan investigasi kontak dengan kader, lintas sektoral serta masyarakat terkait pencegahan dan pengendalian penyakit tuberkulosa Inovasi Puskesmas Kota Wilayah Utara ini bertujuan untuk :
Meningkatkan temuan kasus penyakit tuberkulosa
Menjangkau lebih luas area skrining yang termasuk dalam wilayah puskesmas dengan cara yang lebih efektif dan efisien
Menyukseskan pengobatan TB
Meningkatkan peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap penyakit TBC
KONCO SEHAT KOWILUT
Inovasi KONCO SEHAT KOWILUT merupakan kepanjangan dari Konsultasi Cepat Online Kesehatan Puskesmas Kota Wilayah Utara. Dengan inovasi ini masyarakat bisa melakukan pendaftaran maupun konsulltasi online melalui nomor whatsapp 081230388849. Tujuan dari konsultasi cepat online adalah :
JALIN HATIKU
JALIN HATIKU (Janji Online Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kota Wilayah Utara). Tujuan dari Janji Online Pelayanan Kesehatan adalah :
PAKET JITU
PAKET JITU merupakan kepanjangan dari Pencegahan dan Pelayanan Kesehatan Jiwa Terpadu. Inovasi Puskesmas ini bertujuan untuk :
PAKAI MATA CERMAT
Wujud nyata kinerja apoteker dalam meningkatkan capaian program pemerintah serta edukasi dan pemberdayaan masyarakat maka diciptakanlah sebuah inovasi PAKAI MATA CERMAT (Pharmacist Aktif Kolaboratif Antar-program Integrasikan Rumah Tangga Cerdas Menggunakan Obat dan Obat Tradisional). Inovasi ini menggabungkan peran apoteker ke dalam lintas program dan peran sertanya di masyarakat
SI PENTING KOWILUT
Inovasi Si Penting Kowilut memberikan perhatian khusus terutama dalam pelayanan kesehatan balita terhadap masyarakat secara cepat dan tepat.
GEMERLAP TIARA
“Gemerlap Tiara” (Gerakan Pemantauan Mobile Pemeriksaan Lengkap Terpadu Deteksi Penyakit Tidak Menular) dilakukan secara terintegrasi antar program serta tim interprofesi. Kegiatan skrining Terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak hanya dilakukan pemantauan faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) serta tindak lanjut dini yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodic akan tetapi juga terintegrasi dengan adanya skrining pemeriksaan Indera dan TB.
WELAS PIKIR
Inovasi “Welas Pikir” dikembangkan dalam upaya menurunkan AKI dan AKB mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri tidak hanya tenaga kesehatan, tetapi diperlukan peran serta semua pihak unsur kemasyarakatan yang berperan aktif bersama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan balita untuk menurunkan AKI dan AKB dengan pendekatan melalui wadah edukasi lintas sektor untuk memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat dan melahirkan bayi yang sehat dan berkualitas
BULETIN PENTING
Inovasi Buletin Penting ( Budaya Lokal Edukasi dan Intervensi Penurunan Stunting ) yaitu kolaborasi dengan budaya lokal ( melalui Buto Comel) di kelurahan Ringinanom dalam memberikan edukasi dan meningkatkan pengetahuan ibu balita tentang stunting. Diharapkan bisa merubah perilaku masyarakat untuk gemar makan ikan,buah dan sayur untuk mencegah terjadinya kasus stunting di kelurahan Ringinanom dan meningkatkan kesadaran ibu balita untuk membawa anak untuk datang ke posyandu setiap bulan.
GempPhita
GempPhita (Gerakan Masyarakat Peduli Pangan Halal, Toyyib, Sehat, Aman). Program Kegiatan Inovasi GempPhita meliputi,
ASTA SAE WARGA KOWILUT
Inovasi “ASTA SAE WARGA KOWILUT” (Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan Toga dan Akupresur menuju Sejahtera Arungi Ekonomi Warga Puskesmas Kota Wilayah Utara). Inovasi ini memberdayakan masyarakat agar bersedia menanam, memanfaatkan, dan mencatat/ mendokumentasikan tanaman obat keluarga yang diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan ringan serta memberikan nilai ekonomi di keluarga. Tujuan dari Inovasi ini antara lain :
a. TUJUAN UMUM:
Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kepedulian, dan keterampilan masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kota Wilayah Utara mengenai asuhan mandiri (Asman) pemanfaatan Toga dan Akupressur.
b. TUJUAN KHUSUS
1. Masyarakat yang telah membentuk kelompok Asman Toga Akupresur mendapat dukungan dari Kepala Kelurahan
2. Masyarakat yang telah membentuk kelompok Asman Toga Akupresur bersedia memanfaatkan dan melakukan pencatatan terhadap tanaman obat dan ilmu akupresur yang diperolehnya untuk mengatasi gejala penyakit ringan yang dialami keluarga
3. Masyarakat yang telah membentuk kelompok Asman Toga Akupresur memperoleh manfaat ekonomi atas kegiatan yang dilaksanakannya
Hallo Konco Sehat Kowilut???? Berikut kami informasikan mengenai Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Tahun 2024, Diharapkan melalui survei ini UPT Puskesmas…
UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara berkomitmen membangun lingkungan yang sehat, berintegritas, dan bertujuan untuk menjadi Puskesmas Paripurna dalam memberikan layanan…
Dalam upaya penilaian Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah ( WBBM) maka…
Dalam upaya mewujudkan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah ( WBBM) maka…
Dalam upaya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, diperlukan komitmen seluruh…
Halo nda! Semangat Pagi Kota Kediri! Yuk mengenal Obat Lebih Dekat UPTD Puskesmas Kota Wilayah Utara mengajak masyarakat Kota Kediri untuk bergabung dalam Acara…