A. Puskesmas Kota Wilayah Utara

Nama Puskesmas : Puskesmas Kota Wilayah Utara

Alamat : Jl.Sam Ratulangi No.12 Kel.Setono Pande Kec.Kota Kota Kediri

Telp : (0354) 683227

Email : puskesmas.kotautara@gmail.com

Tipe Puskesmas : Rawat Jalan

Sejarah Singkat

Sebelum  tahun 1980  Kecamatan  Kota dikelola oleh 1 Puskesmas yaitu Puskesmas  Kota  wilayah  Selatan  dengan  2  Puskesmas  Pembantu : ( Banjaran dan Manisrenggo )  dengan  jumlah  penduduk  sekitar  80.000  jiwa. Tahun  1980 dibangun Gedung  Baru  Proyek  Inpres    guna  mengurangi  beban  kerja  Puskesmas  Kota Wilayah Selatan,  didirikan diatas tanah lapang  PEMDA  Sumbangan  PD. Nabatiasa.

Sejak tahun  1981  dengan  jumlah penduduk  Kecamatan  sebesar 90 ribu  jiwa  dibangun (Puskesmas Kota Wilayah Utara yang  berlokasi di Kelurahan Setonopande ) di Jl. Ratulangi gang II menghadap  ke  Selatan.

Puskesmas Kota Wilayah Utara merupakan type Puskesmas perkotaan dengan luas kerja wilayah  2,518 Km2  ( 48 % dari penduduk Kecamatan ).

UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan kota Kediri, terakhir ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Kediri Nomor : 188.45/59/419.16/2018 tentang Persetujuan Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Pada Pusat Kesehatan Masyarakat.

B. Visi & Misi

VISI
Visi Puskesmas Kota Wilayah Utara :
“ Terwujudnya pelayanan kesehatan yang berkualitas dan profesional”

MISI
Misi Puskesmas Kota Wilayah Utara :
1. Memberikan pelayanan secara tepat, cepat dan akurat
2. Melayani sesuai dengan kompetensi masing-masing
3. Meningkatkan peran serta masyarakat yang kompeten dan peduli terhadap kesehatan.

C. Motto

“ Kepuasan dan Kesembuhan Anda adalah harapan kami ”

D. Logo Puskesmas

E. Budaya Kerja BerAKHLAK

Tata Nilai

 

Indikator Kinerja

Berorientasi Pelayanan

1.1

Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kota Wilayah Utara

 

1.2

Malayani masyarakat sesuai tupoksi

 

1.3

Menyelesaikan keluhan masyarakat dengan pendekatan
komunikasi yang persuasif

 

1.4

Menuntaskan semua pekerjaan

 

1.5

Mengucapkan salam dan sapa saat melayani

 

1.6

Menyediakan informasi yang aktual dan akurat

 

1.7

Melayani dengan standard yang sama kepada semua pihak, dan jenis kelamin

 

1.8

Membuat alur pelayanan yang memudahkan pelanggan

 

1.9

Menindaklanjuti setiap kritik dan saran

 

1.10

Melakukan benchmarking untuk mendapatkan wawasan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan

Akuntabel

2.1

Memenuhi janji dan komitmen

 

2.2

Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP

 

2.3

bertanggung jawab atas hasil kerja dan bersedia dievaluasi

 

2.4

Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme

 

2.5

Memanfaatkan fasilitas BMN sesuai dengan peruntukannya

 

2.6

Mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi atau golongan

Kompeten

3.1

Meningkatkan kompetensi secara terus menerus

 

3.2

Bertukar pikiran dan berdiskusi dengan rekan kerja, bawahan dan atasan

 

3.3

Menyusun rencana kerja dengan spesifik

 

3.4

Melaksanakan rencana kerja sesuai target yang ditetapkan

 

3.5

Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas

Harmonis

4.1

menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan serta stakeholder

 

4.2

saling membantu sesama rekan kerja dalam melakukan pelayanan kepada pasien

 

4.3

berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan bawahan dengan sopan

Loyal

5.1

melaksanakan keputusan pimpinan Puskesmas yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku

 

5.2

Tidak membagikan informasi rahasia Puskesmas kepada pihak luar Puskesmas yang tidak memiliki kewenangan

 

5.3

bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra Puskesmas

Adaptif

6.1

Menyampaikan ide dan gagasan saat Mini Lokakarya bulanan

 

6.2

membuat Inovasi Puskesmas yang mendukung tujuan Puskesmas

 

6.3

menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi

Kolaboratif

7.1

Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan pekerjaan

 

7.2

membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan tim kerja saat memberikan pelayanan kepada masyarakat

 

7.3

Membagi tugas, tanggung jawab, hak, dan kewajiban kepada setiap anggota tim kerja secara proposional sesuai dengan SK Kepala Puskesmas

 

7.4

Bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam kegiatan lintas sektor

F. Struktur Organisasi

G. Mars Puskesmas

MARS  KOWILUT  JAYA

 

Kami Karyawan Puskesmas Kota Utara

Siap Untuk Bekerja ........

Munjunjung Tugas Mengabdi Negara

Untuk Kepentingan Bersama .......

 

Itulah Tugas Luhur Karyawan Kita

Mengabdikan Dirinya

Tak Kenal Lelah Dan Putus Asa

Melayani Pelanggan Semuanya

 

Kami Karyawan Puskesmas Kota Utara

Siap Untuk Berbakti ........

Menjunjung Tugas Mengabdikan Diri

Melayani Sepenuh Hati .......

 

Itulah Tugas Luhur Karyawan Kita

Mengabdikan Dirinya

Tak Kenal Lelah Dan Putus Asa

Untuk Masyarakat Semuanya  ( 2X )

H. Maklumat Pelayanan

I. Alur Pelayanan

 

J. Hak dan Kewajiban Pasien

K. Standar Pelayanan Publik

 

 

L. Pengaduan

M. Inovasi - Inovasi

KEJAR OTT

KEJAR OTT (Kenali  Jaring Obati TBC Terpadu) merupakan upaya sosialisasi, peningkatan skrining keliling dan investigasi kontak dengan kader, lintas sektoral serta masyarakat terkait pencegahan dan pengendalian penyakit tuberkulosa Inovasi Puskesmas Kota Wilayah Utara ini bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan temuan kasus penyakit tuberkulosa

  2. Menjangkau lebih luas area skrining yang termasuk dalam wilayah puskesmas dengan cara yang lebih efektif dan efisien

  3. Menyukseskan pengobatan TB

  4. Meningkatkan peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap penyakit TBC

 

KONCO SEHAT KOWILUT

Inovasi KONCO SEHAT KOWILUT merupakan kepanjangan dari Konsultasi Cepat Online Kesehatan Puskesmas Kota Wilayah Utara. Dengan inovasi ini masyarakat bisa melakukan pendaftaran maupun konsulltasi online melalui nomor whatsapp 081230388849. Tujuan dari konsultasi cepat online adalah :

  1. Meningkatakan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Menjangkau lebih cepat penatalaksanaan masalah kesehatan yang ada

 

JALIN HATIKU

 

JALIN HATIKU (Janji Online Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kota Wilayah Utara). Tujuan dari Janji Online Pelayanan Kesehatan adalah :

  1. Meningkatakan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Mengurangi waktu tunggu untuk meminimalkan kerumunan serta kontak langsung.

 

PAKET JITU

PAKET JITU merupakan kepanjangan dari Pencegahan dan Pelayanan  Kesehatan Jiwa Terpadu. Inovasi Puskesmas ini bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan pencegahan dan pelayanan ODGJ dengan menanamkan rasa percaya diri dan semangat  ODGJ dalam menghadapi permasalahannya sendiri serta memberikan pelayanan bagi ODGJ
  2. Menciptakan tempat yang aman, nyaman dan akrab bagi ODGJ untuk berbagi perasaan, pikiran dan pengalaman , bertukar informasi tentang pengobatan ODGJ tanpa harus menyembunyikan status  ODGJ-nya
  3. Memberikan dukungan moral dan spiritual pada ODGJ untuk memberikan semangat hidup dan mempersiapkan hari esok yang lebih baik.

 

PAKAI MATA CERMAT

Wujud nyata kinerja apoteker dalam meningkatkan capaian program pemerintah serta edukasi dan pemberdayaan masyarakat maka diciptakanlah sebuah inovasi PAKAI MATA CERMAT (Pharmacist Aktif Kolaboratif Antar-program Integrasikan Rumah Tangga Cerdas Menggunakan Obat dan Obat Tradisional). Inovasi ini menggabungkan peran apoteker ke dalam lintas program dan peran sertanya di masyarakat

 

SI PENTING KOWILUT

 

Inovasi Si Penting Kowilut memberikan perhatian khusus terutama dalam pelayanan kesehatan balita terhadap masyarakat secara cepat dan tepat.

  1. Cepat : Ketika ditemukan balita dengan masalah gizi di masyarakat (posyandu) segera dilaporkan ke petugas gizi untuk dilakukan kroscek hasil pengukuran Anthropometri.
  2. Tepat : Bersama lintas program yaitu Dokter,Bidan Wilayah,promkes,kesling  dan Petugas Gizi melakukan kunjungan rumah balita dengan masalah gizi untuk mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak atau individu yang menjadi tanggungjawab petugas kesehatan dalam penanganan masalah ini.

 

GEMERLAP TIARA

Gemerlap Tiara” (Gerakan Pemantauan  Mobile Pemeriksaan Lengkap Terpadu Deteksi Penyakit Tidak Menular) dilakukan secara terintegrasi antar program serta tim interprofesi. Kegiatan skrining Terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak hanya dilakukan  pemantauan faktor resiko penyakit tidak menular (PTM)  serta tindak lanjut dini yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodic akan tetapi juga terintegrasi dengan adanya skrining pemeriksaan Indera dan TB.

 

WELAS PIKIR

Inovasi “Welas Pikir” dikembangkan dalam upaya menurunkan AKI dan AKB mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri tidak hanya tenaga kesehatan, tetapi diperlukan peran serta semua pihak unsur kemasyarakatan yang berperan aktif bersama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan balita untuk menurunkan AKI dan AKB dengan pendekatan melalui wadah edukasi lintas sektor untuk memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat dan melahirkan bayi yang sehat dan berkualitas

 

BULETIN PENTING

Inovasi Buletin Penting ( Budaya Lokal Edukasi dan Intervensi Penurunan Stunting ) yaitu kolaborasi dengan budaya lokal ( melalui Buto Comel) di kelurahan Ringinanom dalam memberikan edukasi dan meningkatkan pengetahuan ibu balita tentang stunting. Diharapkan bisa merubah perilaku masyarakat untuk gemar makan ikan,buah dan sayur untuk mencegah terjadinya kasus stunting di kelurahan Ringinanom dan meningkatkan kesadaran ibu balita untuk membawa anak untuk datang ke posyandu setiap bulan.


GempPhita

GempPhita (Gerakan Masyarakat Peduli Pangan Halal, Toyyib, Sehat, Aman). Program Kegiatan Inovasi GempPhita meliputi,

  1. Konsultasi dan pembinaan IRTP dalam memperoleh PIRT
  2. Pengawasan rutin IRTP
  3. Konsultasi dan pendampingan memperoleh sertifikasi produk halal

 

ASTA SAE WARGA KOWILUT

Inovasi “ASTA SAE WARGA KOWILUT” (Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan Toga dan Akupresur menuju Sejahtera Arungi Ekonomi Warga Puskesmas Kota Wilayah Utara). Inovasi ini memberdayakan masyarakat agar bersedia menanam, memanfaatkan, dan mencatat/ mendokumentasikan tanaman obat keluarga yang diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan ringan serta memberikan nilai ekonomi di keluarga. Tujuan dari Inovasi ini antara lain :

a. TUJUAN UMUM:

Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kepedulian, dan keterampilan masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kota Wilayah Utara mengenai asuhan mandiri (Asman) pemanfaatan Toga dan Akupressur.

b. TUJUAN KHUSUS

1. Masyarakat yang telah membentuk kelompok Asman Toga Akupresur mendapat dukungan dari Kepala Kelurahan

2. Masyarakat yang telah membentuk kelompok Asman Toga Akupresur bersedia memanfaatkan dan melakukan pencatatan terhadap tanaman obat dan ilmu akupresur yang diperolehnya untuk mengatasi gejala penyakit ringan yang dialami keluarga

3. Masyarakat yang telah membentuk kelompok Asman Toga Akupresur memperoleh manfaat ekonomi atas kegiatan yang dilaksanakannya

N. Penghargaan - Penghargaan

Posting Terbaru