IKM Trimester II tahun 2023
Indek kepuasan masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif.IKM digunakan…
1. SEJARAH BERDIRINYA PUSKESMAS
Puskesmas Pesantren I berdiri pada tahun 1963,Awalnya bangunan Puskesmas Pesantren I merupakan rumah dinas paramedis Pemerintahan Kota Kediri yang kemudian dialih fungsikan sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat yang terletak Jl. Mauni 113 Kediri.
Status Puskesmas Pesantren I Kota Kediri pada saat itu merupakan Puskesmas Induk yang memiliki 8 Kelurahan sebagai wilayah kerja Puskesmas Pesantren I, yaitu
1. Kelurahan Bangsal
2. Kelurahan Pesantren
3. Kelurahan Ketami
4. Kelurahan Tempurejo
5. Kelurahan Ngletih
6. Kelurahan Bawang
7. Kelurahan Blabak
8. Kelurahan Betet
Selain itu Puskesmas Pesantren I juga memiliki 5 PuskesmasPembantu, yaitu :
1. Pustu Betet
2. Pustu Blabak
3. Pustu Bawang
4. Pustu Ngletih
5. Pustu Tempurejo
Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka Pemerintah Kota Kediri melakukan penambahan jumlah puskesmas induk di Kota Kediri. Pada awal tahun 2006 jumlah puskesmas induk di Kota Kediri hanya 6 (enam) yang akhirnya berkembang menjadi 9 (sembilan) Puskesmas Induk. Dimana, Puskesmas Pembantu Ngletih menjadi Puskesmas Perawatan Ngletih.
Sehingga kondisi tersebut mempengaruhi jumlah wilayah kerja Puskesmas Pesantren I berubah menjadi 5 (lima) Kelurahan dengan 5 layanan kesehatan sampai dengan saat ini yang meliputi :
1. Kelurahan Pesantren (Ponkesdes Pesantren)
2. Kelurahan Bangsal (Ponkesdes Bangsal)
3. Kelurahan Banaran (Pustu Banaran)
4. Kelurahan Betet (Pustu Betet)
5. Kelurahan Blabak (Pustu dan Ponkesdes Blabak)
1. VISI MISI dan MOTTO
2. TATA NILAI
1. ALUR PENGADUAN dan MEDIA PENGADUAN
2. MEDIA ONLANE
Intagram
Youtube
1. JAZZ TB
JAZ TB merupakan kegiatan pelayanan untuk penderita TB melalui jemput bola, yaitu dengan kunjungan rumah untuk pemeriksaan sekaligus pengambilan dahak penderita TB dan keluarga dalam satu rumah.
Adapun kegiatan program TB melalui inovasi JAS TB, diantaranya adalah :
1. Contact Tracing / Kunjungan Rumah Px TB
2. Jemput Dahak Suspect TB
2. MOBIL PACU
Pelayanan ANC Terpadu merupakan pelayanan antenatal komprehensif dan terpadu. Mencakup upaya promotive, preventif sekaligus kuratif dan rehabilitative yang meliputi pelayanan KIA, gizi, pengendalian penyakit menular (HIV/AIDS, malaria, PMS), penanganan penyakit tidak menular serta beberapa program lainya yang sesuai dengan program ANC Terpadu.
Adapun pemeriksaan ANC Terpadu pada ibu hamil dilakukan oleh tim tenaga kesehatan, dengan rincian sebagai berikut :
3. PRO
Pelaksanaan Program Inovasi Puskesmas Ramah ODHA / PRO melihat permasalahan yang muncul baik bagi ODHA maupun layanan, dengan UPTD Puskesmas Pesantren 1 di tunjuk sebagai Puskesmas untuk menjadi PDP sehingga dari permasalahan yang timbul :
Sehingga berupaya untuk berbenah agar secara berkesinmabungan kegiatan program HIV mampu membuat suatu perubahan untuk menjadi layanan HIV yang lebih baik dengan melaksanakan perubahan yaitu Inovasi PRO / Puskesmas Ramah ODHA, Pelaksanaan Inovasi tersebut meliputi :
4. PEDULI STUNTING
Peduli Stunting merupakan kegiatan yang melibatkan peran keluarga, masyarakat, lintas program (KIA, Promkes, Kesling) dan lintas sektor (Kader, kelurahan) untuk mendukung kegiatan intervensi dalam penanganan stunting.
Inovasi PEDULI STUNTING di puskesmas merupakan kegiatan pelayanan gizi yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja Puskesmas dalam penurunan angka stunting. Ruang lingkup kegiatan anatar lain :
5. RAMAH SATU PEKAN
Berdasarkan data –data yang ada maka saya bersama dengan lintas sektor (Kader Kesehatan, Kelurahan) dan lintas program (Bidan dan Perawat Wilayah) memunculkan inovasi "RAMAH 1 PEKAN (Gerakan Masyarakat Hipertensi 1 Bulan Sekali Periksa Kesehatan). Adanya inovasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan hasil kunjungan pasien hipertensi dan pelayanan pasien hipertensi dapat terkontrol rutin setiap bulannya yang sekaligus dapat mencegah kematian pada pasien hipertensi
Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada inovasi Ramah 1 Pekan, antara lain :
Indek kepuasan masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif.IKM digunakan…